Mobil baru Honda




Menghadapi tahun 2009 yang diprediksi makin panas, PT Honda Prospect Motor (HPM), ATPM mobil Honda sedang menyiapkan dua model terbarunya. Yakni All-New City dan Freed yang akan hadir tahun depan.


Kabar munculnya Freed sudah beredar cukup lama. Pertama kali kabar yang beredar adalah HPM sedang merancang mobil keluarga 7-seater guna meramaikan pasar MPV yang sedang ramai di Tanah Air. Gosipnya sih namanya Honda Mobilio.

Seiring sejalan, OTOMOTIF dapat kabar terbaru kalau MPV itu bukanlah Mobilio, melainkan Freed yang juga baru diluncurkan pada Juni di Jepang. “Sekarang sih lagi buat jig-nya di sini (Indonesia, red),” ungkap sumber OTOMOTIF.

Freed dirancang Honda Motor Co., sebagai mobil minivan yang modis, lega, user friendly dan hemat bahan bakar. Dan dirancang sebagai pengganti Mobilio yang tahun ini sudah tak diproduksi lagi. Dibuat dengan platform Honda Fit/Jazz, namun dimensinya berbeda, terutama panjang dan tinggi.

Persisnya, Freed berdimensi 4.215×1.695×1.715 mm (P×L×T). Sedangkan All-New Jazz berukuran 3.900×1.695×1.525 mm. Artinya, panjang Freed melar 31,5 cm dan lebih tinggi 19 cm dibanding All-New Jazz.

Untuk mesin, masih andalkan 1.500 cc i-VTEC yang sama pada All-New Jazz yang baru meluncur Juli lalu di Indonesia. Sementara itu, tersedia 3 versi; 7 penumpang dengan jok tengah captain seat, 8 penumpang dan 5 penumpang dengan kabin belakang tanpa kursi.

Di Jepang, ‘Jazz melar’ ini dijual 1,9 juta Yen atau sekitar Rp 160-170 jutaan. Andai dibuat di Indonesia, tentu bisa lebih murah lagi, kan. “Munculnya di Indonesia kira-kira semester II 2009,” bilang sumber itu lagi.

Selain Freed, HPM juga akan meluncurkan City terbaru. Sosok sedan mini ini sudah terkuak di media otomotif India. Menurut ulasannya, All-New City itu direncanakan muncul di negeri Hindustan pada September-Oktober tahun ini.

All-New City ini mempunyai wheelbase lebih panjang dari City lama (2.450 mm), Jazz lama (2.450 mm) maupun All-New Jazz (2.500 mm). Bahkan dengan pesaingnya Toyota Belta/New Vios (2.550 mm). Generasi keempat City ini juga akan mengusung mesin yang sama dengan All-New Jazz; 1.500 cc i-VTEC.

Mengenai kabar kedua mobil baru Honda itu, OTOMOTIF sempat minta kejelasan ke pihak HPM. “City akhir tahun. Kalau Freed masih dipelajari,” jelas Jonfis Fandy, director marketing & aftersales service HPM yang sedang berada di luar negeri (12/8) melalui pesan singkatnya.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds