Tak kalah dengan balapan liar di Amerika, para pembalap jalanan di Jepang (hashiriya) pun memiliki andalan tunggangannya sendiri. Tentu saja mereka memilih mobil produksi pabrikan Jepang.

Para hashiriya ini menunggangi mobil-mobil yang dikenal sebagai jawara dunia balap jalanan. Beberapa di antaranya, Nissan Skyline R34 GTR, Toyota Supra, Mazda RX8, Subaru Impreza WRX STI, dan Honda S2000. Kelima mobil ini menjadi ikon yang paling kuat untuk digelari Japanese Street Fighter.


Nissan Skyline R34 GTR
Nissan Skyline diproduksi sejak 1957 hingga sekarang, mencatat tirah 13 generasi. Perjalanan panjang Skyline ini pula yang mengidentikkan inisial GTR dengan mobil kencang.

Label GTR pertama kali tercantum pada model PGC-10 yang dirilis pada Februari 1969. Sejak saat itu, GTR menempati kasta tertinggi di lini Skyline. Mengapa model ini sangat digemari ?

Tak lain, lantaran mesinnya yang tidak terlalu besar, tapi mampu meledakkan tenaga menyalak. Beberapa model GTR juga diproduksi secara terbatas (limited edition). Antara lain Nissan Skyline R34 GTR dan GTR N1 yang hanya "dicetak" 45 unit. N1 dibuat murni untuk speed freaks, tanpa AC dan fasilitas mewah.


Honda S2000
Dengan gaya dua pintu tak beratap, S2000 seolah-olah jadi contoh betapa pabrikan Jepang sangat fashionable.Dikenalkan saat Tokyo Motor Show 1995 dengan nama SSM (Sports Study Model), pada April 1999 namanya berubah menjadi S2000.S2000 berasal dari roadster Honda terdahulu,yakni S500,S600,dan S800.S2000 hanya mengalami satu kali regenerasi, dari AP1 ke AP2.

Tak banyak yang berubah pada sektor bodi, selain penambahan spoiler belakang, side skirt dan bibir bemper depan yang lebih sporty.Sementara sektor mesin meningkat dari 1997 cc menjadi 2157 cc. Walau mobil ini tak sedahsyat petarung lain, S2000 jadi ikon yang paling pas dari Honda karena power to weight ratio-nya hanya 0.19. S2000 punya keunggulan centre gravity seperti Mazda RX8.

Lihat saja kap mesinnya yang panjang demi memundurkan blok mesin ke belakang as roda. Sama seperti Toyota Supra dan Nissan Skyline, S2000 juga mejeng di film 2 Fast and 2 Furious (2003).Banyak kabar burung beredar kalau model 2009 tengah disiapkan dengan empat tempat duduk, bertarung melawan SLK-Class dan BMW Z4 di pasar Eropa di bawah nama Acura. Jika upgrade model dilakukan untuk menghajar BMW dan Mercedes,downgrade-nya akan berkompetisi dengan Mazda Miata.


Mazda RX8
Mazda RX8 merupakan suksesor dari RX7 yang generasinya sudah ada sejak 1979. RX8 dianggap sebagai generasi kelima dari basis mesin rotari Mazda yang sangat populer. Dengan kapasitas hanya 1300 cc, mesin khas Mazda yang terdiri dua rotor masing-masing 654 cc ini mampu memuntahkan tenaga setara mesin lain yang berkapasitas sampai dua kali lipat.

Tak bisa dimungkiri,kejayaan RX7 banyak mendongkrak mobil ini jadi ikon balap bermesin rotari.Walau sebenarnya RX7 sendiri lebih layak disebut sang petarung jalanan. Sampai saat ini,RX8 baru satu kali berubah tampang tanpa perubahan signifikan pada mesinnya.Mazda berani mengganti angka 7 pada generasi sebelumnya dengan catatan mesin 1300 cc-nya telah berevolusi menjadi 13B-MSP.

Walau kapasitasnya sama,mesin baru ini punya embel-embel multi side port (MSP) sebagai indikasi penekan emisi dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Lobang exhaust yang tadinya dicetak di sekeliling silinder, kini hanya ditempatkan di samping. Alhasil, RX8 tak butuh turbo kembar seperti RX7 untuk tenaga


Toyota Supra (Mark IV)
Supra benar-benar punah.Tak jelas apa kebijakan Toyota sehingga menutup kejayaan mobil yang diciptakannya sejak 1979 silam ini. Mobil tersebut sangat identik dengan balapan (menjadi tunggangan Paul Walker di The Fast and Furious).Basis Supra diambil dari Toyota Celica yang sudah ada sebelumnya (bahkan sampai sekarang).

Dulu, mobil ini juga dikenal sebagai Celica Supra,hanya beda lebih besar dan panjang pada bodinya.Tapi sejak pertengahan 1986, Supra berdiri sendiri tanpa ada kesamaan dari Celica lagi, tepatnya pada generasi ketiga. Supra, terhitung sejak masih diimbuhi Celica, mengalami regenerasi sebanyak 5 kali,basisnya disebut dengan Mark I sampai V.

Dulu Supra dipersiapkan untuk bertarung melawan varian Z dari Datsun (Nissan) dan tak pernah akur walau posisi lini Nissan Z diganti Skyline.Desember 1992,Supra dibuat hanya 20 unit untuk uji coba pasar.Baru pada pertengahan 1993,tepatnya bulan April, diproduksi secara massal.Dua varian ditawarkan,tanpa dan dengan turbo yang berbeda 60 dk.Bahkan,untuk pasar Amerika,varian turbo di-upgrade sampai 320 dk.


Subaru Impreza WRX STI
Subaru Impreza WRX STI termasuk dalam golongan sedan, sebelum ada revolusi besar di bagian buritan.Kini Impreza WRX STI berubah menjadi hatchback.Berbeda dengan petarung lain, mobil yang identik dengan warna biru ini terlihat stabil memegang tampuk kejayaannya. Saat yang lain tumbang terkena peraturan emisi, ia tetap pongah (bahkan) di ajang FIA World Rally Championship (WRC) sampai saat ini. Mobil ini identik dengan dunia reli.

Tak heran jika platform WRX STI memang didesain tangguh berbalap ria. Kode STI datang dari divisi balap Subaru Tecnica International yang ada sejak akhir 1980. Impreza berkode STI awalnya hanya dijual di Jepang, tapi sejak 1999 masuk Australia, pada 2001 untuk Eropa dan pada tahun 2003 dirilis di Amerika Utara. Generasi Impreza dibedakan dengan kode sasis GC (1992-2001), GD (2002-2007), dan terakhir GE/GH/GR (2008).

Saat ini, Impreza WRX STI spec C dikabarkan tengah dipersiapkan pihak Subaru dan telah berulang kali diuji coba di Nurburgring,Jerman.Selain bobot lebih ringan 70 kg dan aero kit baru, remnya pun lebih besar. Siapa tahu keberhasilan Colin McRae mengendarai mobil ini saat menjuarai 1995 WRC bisa terulang.

Yang jadi pertanyaan, koq mitsu evo n celica ga ikut masuk dalam jajaran "5 Mobil Balap Andalan" ?

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds