Subaru merupakan salah satu ikon dalam kejuaraan reli dunia (WRC). Makanya banyak orang terkejut ketika tim pabrikan ini mengundurkan diri dari WRC akhir kompetisi 2008. Meski begitu, Fuji Heavy Industries Ltd. sebagai induk perusahaan Subaru, sepertinya tetap ingin produknya berada di jalur sport dengan meluncurkan mobil untuk jalan raya Subaru WRX STI Spec C.

Mobil anyar yang memiliki berbagai perubahan ini menambah jajaran model WRX STI. Basisnya dibuat dari Impreza WRX STI, tak heran jika sepintas bentuknya pun mirip. Mobil hatchback ini juga diyakini sangat menjanjikan saat dikendarai layaknya mobil yang dipakai di reli.

SEMBILAN RATUS UNIT

Sama-sama menggendong mesin horizontally-opposed 2.000 cc, 4 silinder DOHC 16 katup turbo. Mesin spek C ini diyakini lebih lembut, memberikan respons lebih cepat dan meningkatkan kemampuan berakselerasi. Mobil ini menonjolkan peningkatan tenaga, performa sasis dan bodi ringan (berkurang sekitar 70 kg).

Bodi ringan diperoleh dari pemakaian kap mesin aluminium, aki ukuran kecil, jendela depan dan samping laminar glass. Dari segi kemampuan, pemakaian ECU baru dan turbocharger desain baru yang mengadopsi ball bearing pada turbine axle bearing, membuat mesin spek C mampu menggenjot torsi ke 422 Nm dan menghasilkan tenaga hingga 304 dk.

Perubahan lain, desain suspensi depan dan belakang, meningkatkan kekerasan bodi serta sasisnya memberikan kestabilan. Penggantian limited slip differential (LSD) belakang dari model standar ke tipe mekanik, dimaksudkan untuk mendapatkan tenaga traksi terus-menerus selama menikung.

Yang juga membuat penampilan WRX STI Spec C ini berbeda, pemakaian pelek berbahan alloy 18 inci desain baru yang ringan (tersedia juga ukuran 17 inci), kaliper rem Brembo berwarna emas yang jadi perlengkapan standar, jok depan dibalut bahan standar dengan jahitan merah dan jok kulit Recaro sebagai opsional.

WRX STI Spec C yang mulai dijual di Jepang, Juli lalu, selain punya warna biru yang jadi ciri khasnya di reli, juga memperkenalkan dua kelir baru: pure white dan sunrise yellow.

Mobil yang sudah ada di pasar domestik Jepang sejak Juli ini, hanya diproduksi 900 unit. Namun harganya belum diketahui, juga belum ada informasi kapan akan dilaunnching untuk pasar lain.

0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds