Meski bukan di kandang sendiri, Mazda penuh percaya diri menggebrak ajang Paris Motor Show 2008 menempati hall 1 sederet dengan raja-raja mobil Eropa. Namun sorot mata pengunjung tak akan beralih tatkala menatap sosok mobil konsep yang dipajang di atas stage berputar tepat di tengah stand. Bentuknya yang unik nan futuristik menggelitik siapapun yang menatapnya. Dia adalah Mazda Kiyora Concept Car, The Eco-Friendly City Car.

Kiyora yang dalam bahasa Jepang berarti ‘bersih dan jernih’ ini didampingi tiga andalan Mazda lainnya. Ada Mazda MX-5 yang merupakan versi facelift untuk konsumsi masyarakat Eropa. Lalu Mazda6 MZR-CD 2.2 sebagai generasi terbaru mesin turbo diesel yang mengawinkan Zoom-Zoom power sehingga rendah emisi dan hemat bahan bakar. Dan terakhir, Mazda2 MZ-CD 1.6, hatchback bermesin turbo diesel.
Sebagai sebuah mobil konsep masa depan, Kiyora diciptakan memiliki berbagai keunggulan. Mampu menghadiran pengalaman berkendara yang menyenangkan, ramah lingkungan dan safety tentunya. Hebatnya lagi, teknologi yang diusung Kiyora mampu mereduksi pemakaian bahan bakar hingga 30 persen dari teknologi Mazda sebelumnya.

Sebagai produk yang sasarannya para remaja Eropa, unsur kendaraan lifestyle cukup erat pada Kiyora. Bermesin generasi baru MZR 1.3 DISI (direct injection spark ignition). Dan mengusung fitur SISS (Smart Idle Stop System) dan generasi baru transmisi otomatis 6 kecepatan dengan manual shift. Feeling menggunakan transmisi manual menjadi sangat berasa. Dengan teknologi tadi Kiyora memproduksi CO2 di bawah 90 g/km.
Data Spesifikasi
Mesin: Next generation MZR 1.3-litre DISI petrol with smart idle stop system
Transmisi: Next-generation 6-speed AT with manual shift
Suspensi (front/rear): MacPherson strut/Torsion beam
Ban: 215/45 R18 Tipe bodi: Three-door hatchback
Dimensi
Overall length : 3,770 mm
Overall width : 1,685 mm
Overall height : 1,350 mm
Wheelbase : 2,495 mm
Seating : 2 + 2


0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds